Pemkab Bintan bersama Universitas Maritim Raja Ali Haji lakukan MoU Tri Dharma Perguruan Tinggi

TanjungPinang - Bertempat diruang Rapat Tanjak Lantai 3, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, Pemerintah Kabupaten Bintan bersama Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama atau Memorandum Of Understanding (MoU) tentang penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Bintan Apri Sujadi dan Rektor UMRAH Prof.Dr. Agung Damar Syakti, S.Pi, DEA. Senin (21/09/2020)

Dalam agenda tersebut Bupati Bintan Apri Sujadi menyampaikan bahwa penandatanganan MoU ini sebagai bentuk kerjasama Pemkab Bintan diberbagai Bidang yaitu : Bidang Pendidikan, Bidang Penelitian dan juga di Bidang Pengabdian Masyarakat.

“Dengan adanya MoU ini tentunya akan membantu pemerintah daerah dalam mensukseskan pembangunan, khusus dalam rangka pemulihan ekonomi desa tentunya kita berharap agar ekonomi MoU ini mendapatkan masukan dan kajian dari pihak UMRAH khususnya lagi dalam penguatan kapasitas peran BUMDES didesa-desa”. Ujarnya.

Sementara itu Kadis PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika menuturkan bahwa Tri Dharma yang meliputi Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian masyarakat akan memiliki kontribusi yang besar kepada daerah yang dalam waktu dekat atau pun panjang akan ikut mempengaruhi sektor perekonomian daerah itu sendiri. Dengan penelitian dan kerjasama yang dilakukan oleh perguruan tinggi terharap daerah itu sendiri, tentunya ikut membantu proses pengembangan suatau daerah.

“ini adalah upaya penerintah Kabupaten Bintan yang tujuan akhir sebagai bagian dalam menggerakan kembali roda perekonomian daerah, dan tentunya perlu strategi dan konsep yang melibatkan perguruan tinggi serta kerjasama bagi pemerintah desa sendiri tentunya akan memberikan banyak hal” tegasnya.

Dikatakan juga bahwa adanya MoU ini tentunya akan membuka kerjasama dibidang pengembangan pemberdayaan masyarakat dengan program yang sudah dikaji secara secara ilmiah oleh lembaga perguruan tinggi. Lalu juga akan memberikan peluang untuk warga masyarakat Bintan terutama mahasiswa dan alumni UMRAH untuk mendharmabaktikan ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki dan nantinya dapat diimplementasikan di Kabupaten Bintan melalui kegiatan pendampingan antara lain :

  1. Pendamping Pemberdayaan Masyarakat Desa
  2. Pendamping Pemberdayaan Ekonomi Desa
  3. Pendamping Perencanaan Desa
  4. Pendamping Pemanfaatan Informasi dan Teknologi
  5. Pendamping Pemilihan Kepada Desa dan Perangkat Desa
  6. Pendamping Kelembagaan Desa dan Lembaga Desa
  7. Pendamping Strategi Pengembangan BUMDES
  8. Pendamping Pemanfaatan dan Pengelolaan Potensi Local Desa
  9. Pendamping Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Kepala Desa dan Perangkat Desa
  10. Pendamping Pengelolaan Keuangan Desa

Sumber : Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bintan

Bagikan

04 Comments

Kevin Martin Sep 15, 2020

Reply

Sit amet nibh vulputate cursus a sit amet mauris lorem ipsum dolor sit amet of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh vel velit auctor aliquet. Aenean sollicitudin, lorem quis bibendum auctor, nisi elit consequat ipsum, nec sagittis sem nibh id elit. Duis sed odio http://themeforest.net Morbi accumsan ipsum velit. Nam nec tellus a odio tincidunt auctor a ornare odio. Sed non mauris vitae erat

Kevin Martin Sep 15, 2020

Reply

Vel velit auctor aliquet. Aenean sollicitudin, lorem quis bibendum auctor Lorem ipsum dolor sit amet of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh..

Kevin Martin Sep 15, 2020

Reply

Aenean sollicitudin, lorem quis bibendum auctor Lorem ipsum dolor sit amet of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh vel velit auctor aliquet..

Kevin Martin Sep 15, 2020

Reply

Bibendum auctor Lorem ipsum dolor sit amet of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh vel velit auctor aliquet. Aenean sollicitudin, lorem quis, nisi elit consequat ipsum, nec sagittis sem nibh id elit. Duis sed odio sit amet nibh vulputate cursus a sit amet mauris http://themeforest.net Morbi accumsan ipsum velit. Nam nec tellus a odio tincidunt auctor a ornare odio. Sed non mauris vitae erat

Leave a Reply