Hari Kesaktian Pancasila : Menghayati Nilai-nilai Luhur Yang Terkandung Dalam Pancasila

Kelong - Dalam menyambut Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020, Kedas Kelong mengajak seluruh masyarakat dan tokoh pemuda sebagai generasi penerus bangsa untuk lebih menghayati hikmah dan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila. “Pancasila yang saat ini menjadi dasar negara Indonesia adalah rumusan paling tepat dihasilkan para pendiri bangsa. Sebab itu, sepatutnya hal ini dilaksanakan secara murni dan hitmat,” ungkapnya, Kamis (01/10/2020).

Disampaikan juga bahwa, salah satu wujud penghayatan nilai-nilai Pancasila adalah menolak ideologi komunisme, marxisme dan leninisme. Pancasila mengajarkan Ketuhanan yang Maha Esa sehingga sangat tidak cocok disandingkan dengan ideologi-ideologi yang tidak mengakui adanya Tuhan.

Ditambah lagi, Pancasila merupakan hasil dari perenungan dan pemikiran mendalam para pendiri bangsa (founding fathers) yang digali dari praktek nyata kehidupan leluhur bangsa Indonesia. Pemikiran itu dikristalisasi dalam rumusan-rumusan yang disepakati bersama. Oleh karena itu sudah sepatutnya kalau Pancasila menjadi landasan moral kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam sidang BPUPKI 1 Juni 1945 mengusulkan Pancasila dengan sila kelima, ‘Ketuhanan Yang Berkebudayaan’. Namun, Panitia Sembilan dimana didalamnya terhimpun kaum kebangsaan dan para ulama, berhasil memantapkan rumusan Pancasila 22 Juni 1945 menjadi Pancasila sebagaimana tercantum dalam Piagam Jakarta dimana Sila Pertama berbunyi “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”.

Sedangkan bagi kita yang utama adalah bagaimana mengamalkannya secara murni dan konsekuen, agar kita segera secara bersama-sama dapat keluar dari pandemi Covid-19 dan menyongsong kehidupan baru berbangsa dan bernegara yang lebih baik lagi.

Sumber : Beritalima.com

Bagikan

04 Comments

Kevin Martin Sep 15, 2020

Reply

Sit amet nibh vulputate cursus a sit amet mauris lorem ipsum dolor sit amet of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh vel velit auctor aliquet. Aenean sollicitudin, lorem quis bibendum auctor, nisi elit consequat ipsum, nec sagittis sem nibh id elit. Duis sed odio http://themeforest.net Morbi accumsan ipsum velit. Nam nec tellus a odio tincidunt auctor a ornare odio. Sed non mauris vitae erat

Kevin Martin Sep 15, 2020

Reply

Vel velit auctor aliquet. Aenean sollicitudin, lorem quis bibendum auctor Lorem ipsum dolor sit amet of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh..

Kevin Martin Sep 15, 2020

Reply

Aenean sollicitudin, lorem quis bibendum auctor Lorem ipsum dolor sit amet of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh vel velit auctor aliquet..

Kevin Martin Sep 15, 2020

Reply

Bibendum auctor Lorem ipsum dolor sit amet of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh vel velit auctor aliquet. Aenean sollicitudin, lorem quis, nisi elit consequat ipsum, nec sagittis sem nibh id elit. Duis sed odio sit amet nibh vulputate cursus a sit amet mauris http://themeforest.net Morbi accumsan ipsum velit. Nam nec tellus a odio tincidunt auctor a ornare odio. Sed non mauris vitae erat

Leave a Reply